Jenis Burung Kecil Dengan Suara Tembakan Yang Keras

Taylorjaycees.org – Tak hanya burung besar saja yang mampu mengeluarkan suara kicau yang keras, namun ada banyak jenis burung kicau kecil yang tak kalah hebat. Suaranya terdengar nyaring, ribut dan memiliki speed yang rapat.

Nah, apa saja jenis burung kecil tersebut? silahkan simak berikut ini.

Jenis Burung Kecil Dengan Suara Tembakan Yang Keras

1. Burung Kolibri Ninja

Burung Kolibri Ninja

Kolibri ninja atau yang memiliki nama asli burung madu pengantin, merupakan jenis burung pengicau kecil yang sangat menarik. Burung ini memiliki warna bulu metalik yang unik dengan paruh yang panjang. Selain itu, suara Burung Kolibri Ninja terdengar nyaring, tajam dan nyerecet unik.

Burung Kolibri Ninja termasuk burung yang sangat kecil, panjang keseluruhan tubuhnya, dari ujung paruh hingga ujung ekor hanya sekitar 9 – 10 cm. Meski burung kecil, kolibri termasuk jago terbang, dalam satu detik saja ia mampu mengepakan sayap 12-80 kali. Hal tersebut dibuktikan oleh seorang peneliti yang bernama Christopher Clark dari Universitas California dengan cara merekam kolibri menggunakan kamera super cepat.

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, kolibri ninja termasuk dalam suku Nectariniidae atau jenis burung pemakan nektar. Dengan paruhnya yang panjang, burung kolibri gemar memakan nektar aneka jenis bunga. Tak heran jika ada yang menyebutnya dengan burung madu.

2. Burung Prenjak

Burung Prenjak

Burung Prenjak merupakan salah satu jenis burung kecil yang banyak dipelihara kicaumania Indonesia. Pada umumnya, Burung Prenjak hanya memiliki panjang tubuh sekitar 10-15 cm.

Dilingkingan masyarakat, prenjak terkenal sebagai burung yang suka ribut. Terbang dari satu pohon kepohon yang lain sembari berkicau sebagai penanda bahwa ia datang.

Pada tahun 90’an, burung prenjak tidak memiliki nilai ekonomis, namun karena suara burung prenjak yang nyaring, nembak dan cepat. Banyak kicaumania yang tertarik memelihara prenjak, baik sebagai hiburan semata atau sebagai masteran burung kicau kesayangannya.

3. Burung Pleci

Burung Pleci

Siapa sih yang tak kenal dengan burung pleci? meski pleci bukan burung asli Indonesia, namun kiprahnya sebagai burung pengicau sangat populer.

Burung pleci merupakan salah satu burung pengicau kecil yang digemari, panjang tubuhnya hanya berkisar 15 cm. Meski begitu banyak orang yang terpikat oleh suara kicau pleci yang lantang.

Selain memiliki suara yang bagus, burung pleci juga memiliki penampilan yang cukup menarik. Hampir diseluruh tubuhnya dipenuhi dengan bulu hijau zaitun, hanya saja bulu bagian dada, perut hingga tunggir berwarna abu-abu.

Untuk mengenali burung pleci sangat mudah, karena burung ini memiliki ciri khas memiliki lingkaran putih disekeliling mata yang terlebih seperti kacamata. Karena hal itu pula burung pleci disebut dengan burung kacamata.

4. Kancilan Topeng Emas

Burung Kancilan Topeng Emas

Mungkin masih banyak yang belum mengenal Kancilan Topeng Emas, karena burung ini tidak termasuk burung kicau yang dilombakan.

Kancilan Topeng Emas merupakan burung asli papua. Burung ini memiliki warna kuning cerah pada bagian muka, pipi dan tubuh bagian bawah. Sedangkan tubuh bagian atas seperti kepala atas, punggung dan sayap berwarna abu-abu. Diantara warna kunign cerah dan abu-abu tersebut dipisahkan oleh warna hitam yang tegas.

5. Burung Bimoli / Kancilan Emas

Burung Bimoli

Burung Bimoli atau yang dikenal juga dengan sebutan burung kancila emas adalah burung berukuran kecil namun memiliki suara yang merdu.

Jenis burung ini mirip dengan burung kancilan topeng emas, namun ada beberapa ciri yang mudah untuk dibedakan.

Berikut ini ciri Burung Bimoli / Burung Kancilan Emas :

  • Bulu kepala berwarna hitam, terlihat seperti cendet blangkon.
  • Dagu dan leher berwarna putih cerah.
  • Bulu yang menyelimuti tubuh bagian bawah seperti,dada, perut hingga tunggir berwarna kuning. Sedangkan tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun serta kombinasi antara hitam dan cokelat.

Burung Bimoli memiliki penampilan yang sangat cakep, cocok dijadikan sebagai burung hias dirumah.

Itulah 5 jenis burung kecil yang memiliki suara lantang, semoga sedikit informasi tersebut dapat bermanfaat.