Isi Kandungan Surat Yasin Yang Perlu Diketahui

Isi Kandungan Surat Yasin – Pokok pokok kandungan atau poin penting yang ada pada ayat surat Yasin akan kita ambil kesimpulannya pada kesempatan kali ini.

Surat Yasin, salah satu nama surat Al Quran yang mana surat ini merupakan surat yang paling sering di baca pada setiap minggunya. Terutama pada malam jumat oleh salah satu jamaah organisasi terkenal di Indonesia yakni jamaah yasinan.

Namun mengenai dasar syariat amalan ini juga belum ditemukan asal haditsnya dan sampai saat ini masih menjadi pembicaraan dan perdepatan panjang dikalangan organisasi.

Dan terlepas dari hal tersebut, alangkah baiknya jika kita mengambil sikap yang terbaik yakni kembali lagi kepada Al Quran dan Sunnah mengenai perkara ini. Dan kita juga dianjurkan untuk kembali kepada pedoman hidup umat islam yakni Al Quran dan Sunnah jika kita saling merasa benar terhadap perkara seseuatu.

Bagi anda yang belum tahu seperti apa bacaan surat yasin, silahkan anda download mp3 surat yasin di internet lalu anda dengarkan, silahkan download surat yasin yang disertai terjemahannya agar lebih mudah kita memahami arti setiap ayatnya.

Baik, tak usah berlama-lama mari kita menuju apa saja isi kandungan atau pokok pokok yang ada pada surat yasin. Berikut materinya.

Kesimpulan Isi Kandungan Surat Yasin

 

Surat yasin adalah surat yang memiliki arti “YAA-SIIN“, letaknya setelah surat Fatir dan sebelum surat As Saffat. Surat ini memiliki 83 ayat dalam 5 ruku serta terbagiatas 2 juz Al Quran yakni juz 22 dan 23. Nama YASIN diambil dari bunyi ayat pertama surat ini.

Bagi sobat yang ingin mempelajari pokok pembahasan atau isi kandungan surat yasin berikut rangkumannya :

1. Pernyataan dari Allah Azza Wa Jalla yang mengatakan dengan sangat tegas dan jelas bahwasannya Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam merupakan hamba dan utusa Allah Jalla Jallaluh yang membawa kitab suci Al-Quran

2. Dalam surat Yasin juga mengisahkan tentang suatu penduduk sebuah kota, yakni di kota annukiyah (tempat tersebut adalah tempat di sekitar Romawi yang mana mayoritas penduduknya adalah beragama nasrani). Dan kisah dari penduduk negri ini Allah Ta’ala maksudkan untuk bahan pembelajaran bagi para penduduk kota Mekah.

3. Kemudian dalam surat ini pula mengisahkan penyesalan dari orang-orang kafir atau orang orang yang tidak beriman lantaran mereka kelak akan mendapat siksa atas keingkaran mereka terhadap nabi dan rasul yang telah diutus untuk menyampaikan wahyu dan petunjuk keselamatan dunia dan akhirat kepada mereka.

4. Dalam Surat Yasin juga menjelaskan mengenai kekuasaan Allah Azza Wa Jalla yang sudah banyak sekali tanda tandanya, namun kita yang terkadang lalai dari hal tersebut atau dari mengingat Allah Ta’ala.

5. Dijelaskan juga dalam surat Yasin mengenai keadaan dari orang-orang yang beriman atau orang mukmin pada hari kiamat kelak yang mana mereka akan mendapatkan balasan kenikmatan berupa surga yang mengalir air dibawahnya dan mereka kakal abadi selamanya didalam surga tersebut, didalam surga tidak ada kesengsaraan.

6. Dengan tegas dijelaskan sekali bahwasannya Allah Ta’ala adalah Zat Yang Maha Berkuasa untuk membangkitkan orang-orang yang sudah mati, dan hanya Allah Ta’ala sajalah yang bisa melakukan hal itu.

Dan 6 point diatas semoga bisa anda ambil kesimpulan bahwasannya kita adalah makhluk yang lemah dan tak berdaya jika bukan karena pertolongan dari Allah Ta’ala. Dan hendaknya kita i’tiba kepada rasul yang telah Allah Ta’ala turunkan untuk membawa risalah atau tuntunan menuju jalan keridoan dan jalan keselamatan di dunia dan akhirat.