Cara Merawat Burung Jalak Suren Supaya Gacor

Cara Merawat Burung Jalak Suren – Pada pertemuan kali ini kami akan membuat postingan tentang cara merawat burung jalak suren agar cepet gacor. Jalak suren dikenal sebagai salah satu burung yang sangat cerewet dan berisik. Meskipun begitu, itulah yang membuat para pecinta burung kicau tertarik dengan jenis burung yang satu ini, sehingga sudah tidak heran lagi jika kita melihat burung ini dipelihara disekitar rumah anda. Burung jalak suren juga dikenal karena bisa menirukan suara apapun, khususnya manusia.

Jalak suren merupakan jenis burung jalak-jalakan. Burung jalak sendiri terbilang cukup banyak jenis-jenis seperti jalak bali, jalak putih, jalak kerbau, jalak suren. Sebagai penangkar jalak suren baik masih pemula bahkan sudah ahli, tentu saja harus mengetahui tentang bagaimana cara merawat burung jalak suren keseharian yang baik dan benar.

Dalam merawat burung jalak suren tidak semudah yang kita bayangkan. Anda harus berhati-hati agar burung ini tidak mudah mati dan bisa bertahan lama. Bagi anda sebagai penangkar pemula jangan mencoba untuk melakukan perawatan keseharian yang menurut anda benar.

Cara Merawat Burung Jalak Suren Untuk Pemula

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dalam memelihara burung kicau membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut dibawah ini cara merawat burung jalak suren yang baik dan benar.

1.Perhatikan kebersihan kandang dan ukurannya

Ukuran yang baik dari burung jalak suren menggunakan kandang yang ukuran sedang atau besar. Gunanya untuk membuat jalak suren lebih nyaman karena leluasa untuk bergerak. Selain itu, kebersihan kandang juga harus anda perhatikan, khususnya kotorannya. Kotoran yang berada dikandang harus dibersihkan serta peralatannya. Hal ini bertujuan supaya terhindar dari penyakit dan virus.

2. Proses penjinakan

Proses penjinakan wajib dilakukan bagi penggemar burung. Dalam menjinakan jalak suren cukup banyak, salah satunya adalah membiasakan mendekatkan dengan manusia, ini bisa anda lakukan jika anda baru membeli burung yang masih liar.

3. Proses pemandian burung

Untuk memandikan burung jalak suren ada tiga metode yang bisa anda lakukan, yaitu memakai keramba, memakai cepuk dan semprotan. Usahakan burung peliharaan anda mandi sendiri, ini sangat berpengaruh sekali untuk meningkatkan ekmampuan daya pikir burung. Dengan menggunakan cara ini akan menigkatkan mental burung supaya lebih kuat.

4. Proses penjemuran

Setelah proses pemandian selesai lalukan penjemuran burung supaya bulu burung cepat kering dan burung tidak merasa kedinginan. Anda bisa melakukan proses penjemuran kurang lebih 1-2 jam lamanya. oh iya, lakukan proses penjemuran dibawah jam 10 pagi, karena jika anda menjemur diatas jam 10 akan berbahaya bagi kesehatan burung.

5. Pemberian pakan

Untuk menjaga kesehatan dan suara burung jalak suren agar tetap gacor, anda bisa memberikan makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian. Makanan ini sangat berguna sekali bagi kesehatan burung jalak suren dan juga suara dari burung. Anda juga bisa memberikan pakan tambahan seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan kroto supaya nutrisi burung terpenuhi.

6. Pemberian multivitamin

Tidak hanya memberikan makanan saja, anda juga harus memberika multivitamin supaya burung jauh dari penyakit.

7. Proses pemasteran

Proses ini bisa dilakukan dengan suara-suara burung yang sudah kami sediakan disitus sumberkicau.com yang sudah berbentuk file mp3 dan bisa anda download untuk melakukan proses pemasteran dari burung lain.

8. Pengkrodongan

Lakukan saat memasteran atau sedang istirahat malam pada jalak suren. Contohnya pada jam 6 sore lakukan pengkrodongan dan bisa disertai dengan pemasteran sampai esok hari.

Mungkin itu saja yang dapat kami bagikan kepada anda semuanya mengenai cara merawat burung jalak suren agar gacor, sekian dan terima kasih sudah berkunjung disini.