Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer

Seperti yang sudah di ketahui banyak kicau mania bahwa burung kacer yang baru menyelesaikan masa mabungnya akan berubah menjadi gemuk. Biasanya burung yang kegemukan akan malas beraktifitas, sehingga jarang sekali berkicau dan mudah terserang penyakit. Yang perlu anda ketahui saat ini adalah memperhatikan burung pelihraanmu ketika sedang mabung dan menjaga pola makan serta keseimbangan nutrisinya. Jika selama burung mabung hanya di beri makanan voer dan tidak pernah memberi pakan tambahan atau EF (Extra Fooding), maka kemungkinan besar kacer peliharaanmu akan berubah menjadi gemuk setelah masa mabungnya selesai.

Bagi yang memiliki burung kacer sedang mabung, sebaiknya memberi pakan tambahan atau EF (Extra Fooding) yang cukup dan jangan terlalu berlebihan. Selain itu, berilah vitamin khusus untuk burung yang sedang mabung seperti BirdMolt-Post dan BirdMolt-Pre. Jika ingin mendapat hasil yang memuaskan, rawatlah burung peliharaanmu dengan sebaik mungkin, baik itu sebelum, sesudah atau selama mabung. Dengan begitu burung akan mencapai top form (kondisi puncak) sekitar satu bulan setelah masa mabungnya selesai, kalau sudah dalam kondisi top from, kemungkinan besar burung kacer akan tampil maksimal saat di perlombakan.

Begitu pula sebaliknya kalau burung kacer yang mabung tidak mendapatkan nutrisi dan vitamin yang cukup, maka burung akan berubah menjadi gemuk. Dengan begitu burung akan malas beraktifitas, malas bunyi dan mbagong. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa semua kicau mania ingin mendengarkan suara burung kacer yang gacor, nyaring dan merdu. Tujuan kami disini yaitu memberikan sebuah tips cara mencegah dan mengatasi kegemukan pada burung kacer, sebelum burung kesayanganmu berubah menjadi malas bunyi dan mbagong.

1. Melatih Makan Buah dan Sayuran

Ternyata memberi makan buah-buahan dan sayuran, bisa mencegah kegemukan pada burung kacer. Sebenarnya jenis burung ini pemakan serangga, namun demi kebaikannya kita bisa memberikan buah-buahan seperti pepaya dan sayuran berupa mentimun, kacang panjang, brokli, bengkuang dan labu sia. Potonglah kecil-kecil atau di parut, lalu campurkan ke dalam voer.

2. Melatih Kacer Dalam Sangkar Lebih Besar

Cara mencegah kegemukan pada burung kacer selanjutnya yaitu melatihnya supaya terus beraktifitas dengan cara memasukkannya kedalam kandang umbaran. Selain itu, anda bisa membelikan sangkar harian yang berukuran lebih besar seperti sangkar burung murai yang lebih luas, sehingga burung akan lebih banyak bergerak. Letakkan wadah makan dan minum di dasar sangkar dan berilah satu tenggeran saja pada posisi yang tinggi agar burung kacer lebih banyak bergerak dan lompat naik turun tangkringan menggunakan otot sayapnya.

3. Mengurangi Pakan Voer dan Berikan Suplemen Khusus

Untuk mencegah burung kacer peliharaanmu tidak gemuk, sebaiknya mengurangi pakan voer dan jika ingin mendapat hasil yang lebih efektif tidak memberikan voer saat burung sedang atau setelah di mandikan. Berikanlah pakan voer 1-2 sendok saat di jemur, karena pada saat itulah kacer cenderung lebih banyak minum daripada makan. Namun jangan sampai lupa memberikan EF berupa jangkrik dengan porsi seperlunya saja agar mempercepat pemulihan kondisinya tersebut. Selain itu, anda bisa memberinya suplemen khusus seperti BirdSlim yang berfungsi untuk melarutkan lemak yang ada di dalam tubuhnya.