14 Metode Menghafal Al Quran Paling Mudah

14 Metode Menghafal Al Quran Paling Mudah – Secara umum, menghafal Alquran adalah teknik membaca al-quran lalu menghafalkannya. Kemudian untuk menajamkan ingatan kita dalam menghafal Alquran bisa menggunakan metode mendengarkan Alquran melalui Murottal dengan terlebih dahulu sobat download mp3 al quran di situ situs online.

Dan Pada kesempatan kali ini kami akan membahas 14 metode menghafal Alquran mulai dari awal sampai dengan bisa istiqomah dalam menghafal Alquran.

Menghafal Alquran sendiri memiliki banyak sekali keutamaan salah satunya ialah kelak Alquran itu akan menjadi syafaat untuk orang yang menghafalkannya di hari pembalasan atau hari akhirat.

Lalu kemudian keutamaan lainnya ialah setiap ayat atau huruf Alquran yang kita baca akan mendapatkan pahala atau akan dicatat sebagai pahala di sisi Allah.

Baik, langsung saja kita menuju metode menghafal Alquran yang sudah banyak diterapkan oleh para penghafal Alquran. Metode ini terbilang mudah untuk pemula dalam menghafal Alquran.

14 Metode Menghafal Al Quran

Berikut ini metode yang bisa untuk sobat praktikan secara berurutan.

1. Niat Karena Allah

untuk yang pertama kita harus meniatkan hafalan kita hanya ikhlas karena Allah atau hanya mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Jangan kita berniat untuk mendapatkan pujian dari makhluk atau manusia dari hafalan yang sudah kita miliki nantinya.

Akan percuma jika kita menghafal Alquran hanya mengharap pujian atau kita riya terhadap hafalan al-qur’an yang sudah kita miliki.

Jadi untuk yang pertama sebelum kita mulai menghafal Alquran adalah kita harus benar-benar meniatkan hafalan kita hanya karena Allah subhanahu wa ta’ala dan hanya mengharap pahala dari-Nya.

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Al-quran itu adalah kalam Allah atau perkataan Allah yang dituliskan serta diwahyukan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai tuntunan atau petunjuk untuk seluruh makhluk.

Sudah semestinya sebelum kita menghafal al-quran kita harus mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena hanya Allah yang menentukan segalanya.

Sebagai makhluk ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala yang ingin atau berniat menghafal Al-quran sudah sepantasnya kita dekatkan diri kita kepada sang pencipta dan zat yang menciptakan kehidupan serta zat yang menurunkan al-quran.

Tujuan dari kita mendekatkan diri kepada Allah ialah agar Allah membukakan pintu kemudahannya untuk kita dalam menghafal Al-quran.

3. Bersemangat Dalam Mneghafal

Sebelum kita mulai menghafal Alquran ada baiknya jika kita selalu memupuk semangat kita dalam menghafal Alquran.

Dengan semangat yang tinggi dalam menghafal al-quran kita akan lebih betah berlama-lama dengan Alquran dan kita akan lebih mudah dalam menghafal ketika semua kita terjaga dengan baik atau terhubung dengan baik.

Ketika kita sedang tidak bersemangat, sebaiknya kita mencari penyemangat dalam menghafal Alquran seperti mendengarkan ceramah-ceramah atau kajian Islam yang membahas tentang keutamaan al-quran.

Banyak dari penghafal Al Quran yang kehilangan semangat ketika di tengah-tengah menghafal karena memang menghafal al-quran itu membutuhkan waktu, tenaga, serta semangat yang tinggi. Dan tanpa semangat yang tinggi dalam menghafal Alquran maka mustahil untuk diri kita dapat menghafal Alquran.

Maka sangat penting untuk diri kita menumbuhkan semangat yang tinggi dalam menghafal Alquran.

4. Mendekatkan Diri Dengan Al-quran 

 metode menghafal Alquran lainnya yakni kita harus mendekatkan diri kita dengan Alquran, seorang penghafal Alquran akan banyak menghabiskan waktunya atau hari-harinya dengan Alquran.

Jika kita ingin menghafal Alquran dengan baik maka kita harus merelakan waktu kita bersama al-quran.

 Dengan kita mendekatkan diri kepada al-quran maka kemudahan-kemudahan dalam menghafal Alquran itu sendiri akan kita dapati Seiring berjalannya waktu dalam kita menghafal setiap ayat-ayat al-quran.

Seorang yang jarang membuka mushaf Alquran lalu ia memiliki niatan untuk menghafal Alquran maka untuk mendekatkan diri dengan Alquran akan terasa sangat sulit, untuk itu latihan mendekatkan diri dengan Alquran yang pertama adalah dengan senantiasa membaca al-quran di setiap waktu yang memungkinkan untuk kita membacanya.

Untuk orang-orang yang sibuk atau memiliki kesibukan pekerjaan yang sangat padat setiap harinya,orang tersebut bisa memanfaatkan waktu-waktu luang seperti waktu istirahat siang atau waktu Setelah sholat Maghrib untuk membaca Alquran.

5. Melancarkan Bacaan Al Quran

hal yang harus dikuasai dalam menghafal Alquran yakni lancar dalam membaca karena jika kita terbata-bata dalam membaca al-quran maka akan sedikit menyulitkan kita dalam menghafal Alquran itu sendiri.

Jika kita ingin menghafal Alquran dengan mudah maka kita harus benar-benar melancarkan bacaan kita terhadap Alquran.

Kelancaran membaca Alquran itu meliputi beberapa faktor seperti makrojul huruf yang benar, tajwid huruf yang benar, serta memiliki maqom atau nada membaca Alquran yang mudah diingat.

Ketiga faktor yang disebutkan di atas merupakan syarat-syarat agar kita lebih mudah dalam menghafal Alquran.

6. Memilih Metode Menghafal

metode yang kami maksud disini terbagi menjadi dua yakni:

  a. Menghafal Perbaris

Menghafal berbaris merupakan salah satu metode yang banyak dipakai oleh para penghafal Al Quran caranya ialah dengan membaca perbaris ayat al-quran secara berulang-ulang kurang lebih 30 kali sampai 35 kali lalu kemudian mulai menghafalnya.

Teknik ini merupakan teknik lama yang banyak di ajarkan di pondok pondok pesantren atau di pondok pondok Tahfidz Alquran kepada santri-santrinya. Dan ini adalah teknik yang paling efisien.

  b. Menghafal Perhalaman

Yang kedua adalah metode menghafal per halaman Jadi bagi seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi bisa menggunakan metode menghafal per halaman jadi seorang itu menghafal berhalaman lalu ia menyetorkan hafalannya kepada Ustad atau orang-orang yang memiliki ilmu membaca Alquran yang baik.

Namun Teknik ini jarang sekali ada yang memakainya terlebih lagi untuk orang-orang yang belum fasih dalam berbahasa Arab.

7. Menentukan Mushaf Al Quran Yang Akan Dipakai

Menentukan mushaf Alquran yang akan dipakai dalam menghafal al-quran merupakan metode yang paling penting.

Karena dengan menggunakan satu mushaf dalam menghafal Alquran akan memudahkan seseorang dalam menghafal Alquran itu sendiri, jika kita sering bergonta-ganti mushaf Alquran maka akan sulit bagi kita untuk mengingat ayat-ayat Al-quran.

Karena setiap mushaf Al-quran itu ada yang berbeda-beda mulai dari jumlah baris ayat pada setiap halaman ataupun untuk huruf Arab itu sendiri.

Mushaf yang sering dipakai oleh para penghafal Alquran adalah mushaf Alquran Madinah karena mushaf ini memiliki tulisan huruf Arab yang jelas serta jumlah baris pada setiap halaman sama yakni kurang lebih 15 baris permuka halaman kecuali juz 30 yang terpotong oleh banyak surat.

8. Murojaah Hafalan Quran (Mengulang-ulang)

setelah seseorang itu mendapatkan hafalan al-qur’an semisal sudah mendapatkan satu halaman Alquran maka seorang itu harus mengulang ulang atau murojaah hafalan yang telah didapatkannya supaya hafalan itu tetap melekat dalam ingatan seseorang ketika ingin menghafalkan ayat-ayat selanjutnya.

Ketika seseorang sudah mendapatkan hafalan baru Maka murojaah hafalan adalah hal yang paling penting karena menghafal itu mudah dan mengingat hafalan itu yang susah.

Jadi manajemen waktu murojaah hafalan adalah sesuatu hal yang wajib bagi setiap penghafal al-quran.

Waktu murojaah yang paling banyak digunakan oleh para hafiz Quran adalah ba’da subuh.

9. Membuat Target Hafalan Al-quran

Membuat target hafalan al-qur’an itu adalah perkara wajib untuk seseorang yang ingin menghafal Alquran, dalam setiap hari kita harus bisa membuat target hafalan, sobat bisa membuat targetan perhari setengah muka Al-quran atau satu muka Al-quran tergantung kesanggupan masing masing.

Target hafalan al-qur’an ini dimaksudkan agar kita lebih cepat dalam menghafal Al-quran.

Rata-rata penghafal Al-quran yang masih baru atau masih pemula target yang dibuat adalah menghafal setengah muka Al-quran atau kurang lebih 6 sampai 7 baris ayat di mushaf Al-quran Madinah.

Kemudian target hafalan yang sudah dibuat juga akan memudahkan kita nantinya dalam murojaah atau mengulang-ulang hafalan al-qur’an yang sudah didapat.

10. Setoran Hafalan

setoran hafalan adalah teknik yang wajib dipraktekkan oleh setiap habis atau penghafal Quran, setoran hafalan yang dimaksud adalah kita memperdengarkan bacaan Alquran yang sudah kita miliki kepada seseorang seperti Ustad atau seseorang yang memiliki ilmu membaca Alquran yang baik.

Setoran hafalan al-qur’an bertujuan untuk meningkatkan ingatan kita terhadap ayat-ayat al-qur’an yang sudah kita hafalkan.

11. Memperbanyak Mendengar Mp3 Murotal Dari Qori Pilihan (Opsional)

Dengan memperbanyak mendengar murottal dari surat atau ayat yang sedang dalam proses dihafalkan akan memudahkan dalam menghafal nantinya dan akan mempermudah dalam mengingatnya.

Teknik ini opsional tergantung dari individi masing masing, ada yang bisa dengan mudah menghafal hanya dengan metode mendengarkan dan ada individu yang kesulitan atau bingung ketika menggunakan metode ini.

Untuk metode yang satu ini sangat opsional atau situasional.

12. Management Waktu Menghafal Al-quran

Menajemen waktu merupakan hal yang wajib dilakukan, karena jika kita tidak bisa mengatur waktu dalam menghafal maka akan sulit bagi kita dalam menentukan point point yang sudah di tuliskan diatas.

Untuk manajemen waktu sendiri sangat tergatung dari individu masing masing, tidak bisa disama ratakan untuk semua individu.

Untuk itu manajemen waktu hanya bisa dilakukan dan disesuaikan dengan diri dan kesibukan masing masing.

13. Istiqomah

Setelah semua proses dan metode dilakukan, maka kita harus menjaga istiqomah dalam menghafal Al Quran.

Sangat sulit untuk seseorang itu istiqomah jika niat dan tujuannya bukan mengharap ridho dari Allah Ta’ala.

Maka kita harus benar benar menjaga niat kita dalam menghafal Al Quran agar Allah Ta’ala memberikan kita kesabaran dan keistiqomahan dalam menghafal Al Quran.

14. Berdoa

Metode yang terakhir adalah kita senantiasa berdoa kepada Allah Ta’ala agar dipermudah segala urusan kita dalam menghafal Al Quran, serta kita berdoa agar diberikan petunjuk dalam menghafal Al Quran.

Itu tadi beberapa tips atau metode dalam menghafal Al Quran dengan cepat dan mudah, semoga kita bisa mempraktikannya dalam kehidupan sehari hari.

Terimakasih.